September 28, 2015

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan Untuk Sebuah Blog Mendapatkan Traffic Dari Mesin Pencari?

Dias Akhmad  |  at  September 28, 2015  |   |  No comments
coinpayu

Mungkin banyak diantara sahabat blogger yang baru mulai ngeblog akan bertanya-tanya : kapan blog saya akan menjadi blog yang ramai dikunjungi seperti blog besar milik para mastah yang saya lihat?. Jawabannya adalah sangat tergantung kepada umur atau usia blog, upaya kita dalam menulis konten yang berkualitas, pemilihan tema atau topik bahasan dan terakhir, ketepatan kata kunci.


Pada dasarnya, semua blog akan di indeks oleh mesin pencari. Kecuali jika blog tersebut melanggar pedoman mutu webmaster, misalnya melakukan pencurian konten milik orang lain sehingga kemudian blog tersebut di-deindex atau berhenti diindeks oleh mesin pencari.

Jika semua blog di indeks oleh mesin pencari, lalu kenapa blog saya tetap sepi pengunjung?. Berikut jawabannya :

1. Umur atau usia blog
Jika blog kita masih baru, misalnya baru berusia 2 atau 3 bulan, maka sangat dimungkinkan mesin pencari atau search engine belum sepenuhnya mengindeks postingan kita. Jadi di usia blog yang masih muda tersebut, kita tak boleh berharap terlampau besar untuk mendapatkan banyak traffic dari mesin pencari. Bahkan ketika artikel kita sangat bagus sekalipun. Tunggu lah hingga usia blog minimal 1 tahun sambil terus rajin menulis artikel secara kontinyu.

2. Upaya kita dalam menulis artikel berkualitas
Jika ingin sukses, kita perlu kerja keras. Kerja keras dalam ngeblog adalah dengan membuat artikel atau postingan berkualitas sebanyak-banyaknya. Semakin banyak jumlah artikel berkualitas yang kita miliki, maka blog kita akan semakin banyak dibaca orang. Buatlah minimal 1 postingan setiap hari. 

3. Pemilihan tema atau topik bahasan
Jika kita mengambil tema atau topik bahasan artikel yang banyak digunakan juga oleh blog lain, maka tingkat persaingan di SERP (Search Engine Result Page) menjadi sangat tinggi. Sementara, mesin pencari hanya menyediakan 10 peringkat di SERP. Jadi kita harus pintar dan selektif dalam memilih tema atau topik bahasan blog kita. Namun apapun temanya, saya sangat menyarankan untuk memilih tema yang paling kita ketahui dan minati.

4. Ketepatan kata kunci
Setiap hari ada jutaan orang di internet yang mencari informasi yang mereka butuhkan dengan mengetikkan kata kunci tertentu di kolom pencarian search engine. Dari kata kunci yang diketikkan inilah kemudian mesin pencari menampilkannya di SERP. Semakin baik pemilihan kata kunci, maka semakin besar kemungkinan blog kita ada di posisi SERP sehingga kemungkinan blog kita dikunjungi dan dibaca orang menjadi semakin besar.

Jika kita sudah bisa mengupayakan keempat hal di atas dengan maksimal, besar kemungkinan blog kita akan segera mendapatkan traffic yang cukup dari search engine atau mesin pencari. Semoga bermanfaat.

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan Untuk Sebuah Blog Mendapatkan Traffic Dari Mesin Pencari? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aneka Pendidikan

Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar yang mengandung konten promosi, link atau tautan, politik dan SARA tidak akan ditampilkan. Terima kasih.
EmoticonEmoticon